Cetak Stopmap

Stopmap atau map (folder in english), merupakan salah satu stationary yang sering kita jumpai. Secara umum fungsi stopmap untuk menyimpan kertas atau berkas atau arsip agar rapih alias tidak tercecer. Bahan baku map umumnya terbuat dari kertas dan mika. Mengingat kami merupakan percetakan offset yang hanya menggunakan media kertas, maka yang akan dibahas tentunya stopmap dari bahan kertas.

Sekedar untuk ilustrasi, secara sederhana bentuk cetak map seperti gambar dibawah ini



Seiring dengan perkembangan, penggunaan stopmap secara fungsi semakin meluas. Cetak stopmap kemudian tidak hanya diperuntukkan untuk pengarsipan. Dengan kata lain cetak stopmap yang sebelumnya diperuntukkan hanya untuk kebutuhan internal kantor, kini cetak stopmap juga berguna untuk keperluan pemasaran.

Tidak sedikit perusahaan yang mencetak stopmap sebagai media promosi. Seperti pada gambar dibawah ini


Pada contoh gambar diatas, proses pembuatan atau percetakan stopmap dimaksudkan sebagai brosur. Selain berfungsi sebagai brosur, percetakan stopmap pada perusahaan kadang kita jumpai sebagai katalog product, bahkan company profile.

Mengenai ukuran, stopmap yang sering kami cetak umumnya terbagi dalam dua ukuran.
  1. Stopmap untuk ukuran kertas Folio. Ukuran tertutup stopmapnya 25 x 35 cm
  2. Stopmap untuk ukuran kertas A4. Ukuran tertutup stopmapnya 23 x 31 cm
Proses percetakan stopmap tergantung dari selera konsumen. Stopmap bisa dicetak fullcolor, single color atau bisa juga ditambahkan proses cetak hotprint seperti logo Garuda Pancasila yang sering kita jumpai pada stopmap akta notaris.

Jenis kertas yang digunakan untuk cetak stopmap merupakan kertas tebal atau karton, macam- macamnya antara lain :
  • Art Carton, biasanya digunakan untuk cetak stopmap fullcolor
  • Karton BW
  • Karton Buffalo, kelebihan karton buffalo selain bertekstur juga mempunyai beberapa pilihan warna
  • Kartu tik, yang jua mempunyai beberapa pilihan warna
Demikian postingan menegnai cetak stopmap, Ade Printing jasa percetakan terdekat dan murah terima pekerjaan cetak stopmap di daerah Tangerang. Kualitas bagus harga bersaing. Layanan pesan antar.