Terima kasih atas kunjungan anda pada web kami....😄
Umumnya, baik itu brosur, pamflet maupun leaflet nerupakan bentuk lembaran kertas berisi garis kata-kata dan informasi tentang suatu produk, serta beberapa gambar pendukung. Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan informasi. Brosur juga diartikan sebagai dokumen kertas yang biasanya sering dimanfaatkan sebagai iklan atau promosi.
Apa yang dimaksud dengan brosur? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pamflet, brosur leaflet diartikan sebagai bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem. Sistem tersebut berupa cetakan, yang hanya terdiri atas beberapa halaman yang bisa dilipat tanpa dijilid. Jadi kesimpulannya pengertian brosur adalah selebaran cetakan kertas yang berisi keterangan singkat namun lengkap tentang suatu produk, perusahaan, atau organisasi.
Fungsi Pamflet, Brosur dan Leaflet
Fungsi brosur adalah sebagai berikut:
- Alat Informasi, untuk menginformasikan mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Konsumen atau pelanggan akan bertambah pengetahuannya tentang barang atau jasa tersebut jika mereka melihat brosur.
- Alat Promosi, brosur berfungsi sebagai alat promosi perusahaan, yakni berupa sajian tawaran untuk dipasarkan di luar lokasi.
- Alat Penunjuk karakter, brosur berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan karakteristik, melalui gaya penyajiannya. Dalam brosur, dapat memperlihatkan logo perusahaan dan gambar lainnya. Selain itu, tipografi dan warna yang digunakan pun, dapat memiliki makna yang melekat sebagai karakter perusahaan tersebut.
Brosur adalah salah satu bentuk pemasaran terbaik yang bisa digunakan. Brosur yang dirancang dengan baik dapat penginformasikan pembaca, meningkatkan kredibilitas, menarik audiens target, dan pada akhirnya mengarahkan konsumen untuk mengambil tindakan. Brosur adalah alat yang dapat dengan mudah memberikan hasil yang cepat untuk menarik pelanggan.
![]() |
Ciri-ciri Brosur
Secara umum, ciri-ciri brosur adalah sebagai berikut:
- Memiliki pesan tunggal atau kalimatnya pendek dan tulisanya besar
- Bertujuan untuk menginformasikan produk kepada masyarakat luas
- Distribusikan secara tersendiri oleh perusahaan tersebut
- Tempatkan di perempatan atau jalan yang strategis
- Dibuat dengan semenarik mungkin
- Warna mencolok atau kontras agar mudah dilihat dan dibaca
Kata brosur berasal dari kata kerja bahasa Prancis brocher yang berarti menjahit. secara harfiah, brosur berarti "karya yang dijahit". Brosur adalah buklet kecil, atau kertas lipat yang memberikan detail singkat tentang apa yang dipromosikan. Brosur biasanya berisi ilustrasi dan dibuat untuk menarik perhatian dan mudah dibaca. Gaya brosur yang umum adalah satu lembar, sering kali dilipat menjadi tiga agar ukurannya pas untuk dimasukkan ke dalam amplop.
Brosur umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengiklankan produk atau layanan utamanya. Brosur adalah media promosi berisi pesan informatif. Brosur adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mengiklankan produk, layanan, atau kampanye tertentu. Tujuan utama brosur adalah untuk memperluas pengetahuan pembaca tentang satu topik tertentu.
Brosur Lipat
Mengetahui jenis lipatan yang dibutuhkan sangat penting. Pikirkan tentang bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan karya tersebut. Untuk brosur bifold misalnya, mereka akan melihat sampulnya dan membukanya untuk mengungkapkan bagian dalamnya. Kemudian mereka akan menutupnya untuk mengungkapkan bagian belakang.
Brosur berfungsi memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk, atau layanan dan menginformasikan kepada pelanggan potensial atau anggota masyarakat tentang manfaatnya. Brosur biasanya didistribusikan di dalam surat kabar, dibagikan secara pribadi, atau ditempatkan di rak brosur.
Brosur mudah dipahami oleh pembaca karena menggunakan bahasa yang lugas untuk menciptakan kesadaran tentang sesuatu. Sebagian besar brosur yang dirancang dengan baik membutuhkan sedikit waktu untuk menarik perhatian audiens.
Ketahui tujuan dan batasi font
Seperti halnya semua perencanaan, langkah pertama adalah mengidentifikasi tujuan brosur. Ini akan menentukan bagaimana keseluruhan pemasaran brosur akan berjalan, dan desain dari brosur itu sendiri. Brosur yang menarik tidak memerlukan banyak font. Kamu hanya perlu menentukan font heading, subheading, dan body copy. Font menentukan keterbacaan teks, mengatur nada brosur, dan memengaruhi daya tarik visualnya.
- Sebagai Media Informasi
- Sebagai Media Promosi
- Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
- Sebagai suatu identitas untuk suatu produk