Cetak Buku


Orang-orang bilang buku adalah jendela ilmu. Di sisi lain buku merupakan sekumpulan kertas  atau bahan lainnya (seperti karton atau plastik pada cover) yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya. Buku berisi  tulisan atau gambar, untuk kemudian setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.

Jika Anda ingin mencetak buku Anda, tentu saja ada biayanya. Besarnya biaya sangat relatif, tidak bisa dibilang mahal atau murah, karena tergantung dari spesifikasi bukunya. Spesifikasi tersebut antara lain meliputi : Ukuran buku, jumlah halaman buku, dan jumlah eksemplar buku.









Untuk mencetak buku saku seperti contoh diatas. Umumnya menggunakan material kertas HVS, art paper, matt paper, kartu tik dan art carton. Dengan gramasi kertas sesuai pesanan. Ukuran standar buku yang dicetak biasanya mulai yang paling kecil adalah buku saku ukuran 8 x 10, 10 x 14 cm, ukuran 12 x 19 cm, ukuran 13 x 19 cm.


Buku tulis dengan disain khusus biasanya dipesan oleh pihak sekolah, lembaga kursus untuk menambah kesan ekslusif bagi institusinya.


















Pada buku tulis bagian cover menggunakan bahan kertas yang tebal  seperti  : art karton, kartu tik. Dengan proses cetak fullcolor. Untuk menambah kesan wah, pada bagian kover kemudian di lapisi plastik tipis atau di kenal dengan istilah laminating. Sementara untuk bagian isi buku tulis, sudah lazim menggunakan kertas HVS dengan gramasi 70 gsm. Proses cetak pada bagian isi ini umumnya hanya satu warna untuk menghemat biaya produksi.

Rata - rata ukuran buku tulis umumnya ukuran kertas kwarto (letter),  sekitar 21.5 x 28 cm. Dengan ketebalan antara 40 - 80 halaman. Finishing penjilidannya dengan menggunakan jilid kawat bisa juga dengan jilid spiral.


Masih banyak jenis cetak buku lainnya, seperti cetak buku pelajaran, buku modul, buku laporan dan sebagainya. Pada gilirannya akan kami bahas pada postingan berikutnya